Menpan Dorong Dinas Dukcapil Jadi Motor Penggerak Pelayanan Publik

Gorontalo - Dalam rangkaian Rakornas Dukcapil tahun 2017 di Provinsi Gorontalo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, mengapresiasi semangat jajaran Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota yang hadir. Apresiasi ini sekaligus memberi dorongan kepada para Kepala Dinas Dukcapil, terutama di tingkat kabupaten/kota untuk menjadikan Dinas Dukcapil sebagai motor dalam pelayanan publik.

 

“Nanti Dukcapil ini kita jadikakan motor dalam pelayanan publik”, imbuh Asman di Gorontalo, Jum’at (19/05/2017). 

 

Di berbagai kunjungan lapangan (blusukan), kantor layanan publik yang pertama kali dikunjungi Abnar adalah Dinas Dukcapil. Ia menjadikan Banyuwangi dan Kota Bandung sebagai daerah yang bisa ditiru pelayanannya oleh kabupaten/kota lain. 

 

“Kalau bagus jangan studi banding, tapi studi tiru. Udah stop studi banding itu. Saya konsen dengan pelayanan publik, salah satu perhatian saya adalah Dukcapil”, lanjutnya. 

 

Abnar juga mengungkapkan impiannya bagaimana agar pelayanan publik pada Dinas Dukcapil itu seperti pelayanan perbankan. Menurutnya, pelayanan perbankan dapat diterapkan pada Dinas Dukcapil. Misalnya ada Satpam penjaga, layana customer service, nomor antrian, ruang tunggu, toilet, dll. Semuanya sudah diatur dengan baik. 

 

“Mudah-mudahan setelah Rakornas ini, kalau pelayanannya tidak kalah dengan bank itu baru top. Siap gak seperti itu”, ajak Abnar dengan suara lantang dan disambut jawaban teriakan dari peserta Rakornas.

 

Menteri Abnar juga menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga tidak ada lagi ASN masuk kerja hanya mengejar absen. Jadi, menurut Abnar, perlu ada perbaikan menajemen melalui performance-based management atau manajemen berbasis kinerja.

 

Usai menyampaikan materi, Dirjen Dukcapil menyerahkan plakat kepada Menpan. Plakat ini sebagai ungkapan terima kasih dan penghargaan atas ilmu dan pengalaman yang disampaikan kepada peserta Rakornas.

 

Gorontalo, menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakornas Dukcapil tahun 2017. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari pada tanggal 18 sampai 19 Mei 2017 ini dihadiri pejabat yang membidangi urusan administrasi kependudukan provinsi dan kabupaten/kota. 

 

Rakornas Dukcapil berlangsung di Grand Sumber Ria Ballroom Kota Gorontalo. Tak kurang dari 1.300 orang hadir mengikuti Rakornas, yang berasal dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Dukcapil***

(sumber : http://dukcapil.kemendagri.go.id)

Tinggalkan Komentar

Kantor :

Jl. Raya Bandung KM. 4.5
Desa Bojong Kec. Karangtengah Cianjur

Telp : 0263-268100
Email : disdukcapil@cianjurkab.go.id

Jam Kantor :
07:00 s.d 15.00 WIB